panas.web.id

Berita Terpanas Hari Ini

Pria Ini Punya Amandel Terbesar di Dunia


Kebanyakan orang ketika amandelnya diangkat hanya mendapatkan hadiah menyantap es krim selama seminggu. Tetapi tidak demikian halnya dengan Justin Werner. Pria muda mendapat pengakuan dari Guinness World Records karena mencetak rekor dunia dengan memiliki amandel terbesar di dunia.


Werner, lelaki berusia 21 tahun asal Kansas Amerika Serikat menjalani tonsilektomi dan adenoidektomi pada awal tahun ini setelah sempat menderita sakit tenggorokan dan masalah mendengkur kronis selama beberapa tahun.

Selama dirawat di Excellent Surgery Center, Topeka, Kansas, para dokter mengangkat amandel Werner yang berukuran panjang 2,1 inci, lebar 1,1 inci dan tebal 0,7 inci. Ukuran satu amandel Warner lainnya adalah panjang 1,9 inci, lebar 1 inci dan tebal 0,7 inci

Tidur lebih nyenyak

Sebelumnya, rekor ukuran kelanjar tonsil terbesar dalam Guinness World Records dipegang oleh Justin Dogge Milwaukee pada tahun 2008 dengan ukuran masing-masing sepanjang 0,8 inci dan 0,6 inci.

Setelah sepasang kelenjar tonsilnya di ambil, Warner mengaku kini lebih nyaman bernafas dan tidur pun menjadi lebih nyenyak. "Sehari setelah operasi , saya tidak lagi mendengkur dan tak pernah lagi sakit tenggorokan sejak itu," ujarnya.

Amandel yang terletak di belakang tenggorokan, diyakini sebagai benteng pertahanan pertama tubuh melawan kuman patogen yang terhirup saat bernafas, meskipun peran organ ini bagi kekebalan tubuh belum sepenuhnya dipahami . Mereka yang amandelnya telah dioperasi atau diangkat tidak mengalami keluhan berarti.

sumber: kompas.com
0 Komentar untuk "Pria Ini Punya Amandel Terbesar di Dunia"

Download Ebook Gratis