panas.web.id

Berita Terpanas Hari Ini

Inilah Tips Lulus Ujian Nasional 2012


Tentu berbagai persiapan telah dilakukan oleh sekolah- sekolah maupun para siswa. Mulai dari persiapan akademik, psikologi maupun taktis. Begitu juga dengan banyaknya uang yang sudah dikeluarkan untuk dapat lulus Ujian Nasional dengan Nilai yang memuaskan.


Sukses menghadapi UN, tentu memerlukan persiapan yang matang dari jauh-jauh hari sebelum pelaksanaannya.

Ada beberapa tips sukses menghadapi Ujian Nasional.

1. Mempersiapkan Mental
Siapkan mental kalian untuk bertarung di pada Ujian Nasioanal. Caranya dengan banyak berdoa dan mengulang kembali materi yang sudah kalian kuasai untuk membangun kepercayaan diri kalian. Jangan paksakan untuk menguasai materi yang saat itu belum anda kuasai, karena hal itu dapat meruntuhkan kepercayaan diri anda. Ingat!!! materi yang belum anda kuasai bukan satu-satu materi yang akan muncul dalam Ujian Nasional.

2. Persiapan Fisik
Pastikan stmina fisik kalian cukup prima untuk menghadapi ujian Nasional , karena tanpa stamina yang cukup, bisa berdampak pada konsentrasi anda dalam mengerjakan soal. Makanlah makanan yang bergizi dan istirahatlah/tidur dengan cukup.

3. Siapkan Perlengkapan
Siapkan seluruh peralatan yang akan digunakan pada saat pelakssanakan Ujian Nasional, mulai dari baju dan celana yang akan dipakai, sepatu, kartu peserta, pensil 2B (min. 3 batang yang sudah diraut).

4. Sugestikan Diri
Sugestikan diri kalian bahwa kalian sudah siap untuk menghadapi Ujian Nasional. Kalau anda masih merasa cemas, yakinkan bahwa peserta lain lebih cemas dari anda.

Ketika Hari Ujian Nasional
  1. Periksa sebelum berangkat peralatan yang diperlukan (Kartu peserta, pensil 2 B, pulpen, jam tangan, pengahpus dan rautan)
  2. Berangkat jangan terlalu cepat. Usahakan tiba di sekolah 30 menit sebelum ujian berlangsung . Karena terlalu lama menunggu dapat membuat anda semakin cemas.
  3. Meminta restu dari orang-orang yang anda cintai dan mencintai anda khususnya orang tua/wali
  4. Menengerjakan soal-soal yang paling mudah terlebih dahulu. Ingat !!! Semua soal mempunyai bobot yang sama. Jangan lupa awali dengan berdoa.
  5. Memeriksa kembali lembar jawaban anda sebelum dikumpulkan ke petugas (pengawas ruang) Periksa kembali apakah seluruh isian pada lembar jawaban yang sudah terisi dengan benar. Akhir dengan berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT.
  6. Setelah selesai tes hari pertama, jangan pernah!! membahas soal tes yang sudah berlalu dengan siapapun karena tidak ada untungnyadan tidak akan meribah apapun. Berkonsentrasilah untuk menghadapi Tes Ujian Nasional hari ke-2 dan seterusnya.
  7. Jangan ganggu persiapan anda dengan mempercayai isu-isu menyesatkan, seperti kebocoran soal Ujian Nasional. Yakinkan bahwa anda mampu menjadi yang terbaik

Hal-hal yang Anda harus persiapkan dan lakukan sebelum ujian, pada saat ujian dan setelah ujian…

sumber
1 Komentar untuk "Inilah Tips Lulus Ujian Nasional 2012"

banyak siswa yang sebenarnya pandai tetapi banyak diantaranya gagal artinya gagal mendapat nilai maksimal karena belum mengetahui trik - trik pengelola panas.web.id.

Download Ebook Gratis