panas.web.id

Berita Terpanas Hari Ini

Tips Agar Tikus Tak Bersarang di Rumah


Rumah Anda sering mendapat kunjungan dari tikus? Tak perlu malu, karena rumah Anda bukan satu-satunya yang menjadi sarang tikus. Selama ada tempat terbuka yang membuka peluang baginya masuk ke dalam rumah, dan rumah Anda menyimpan makanan, tikus pasti akan menjadi bagian dari hidup Anda sehari-hari. Keberadaan tikus di dalam rumah juga tak selalu berkaitan dengan kebersihan rumah. Jika pun tak ada makanan, ada saja yang bisa dikeratnya. Dari kabel telepon sampai daun pintu yang sudah diberi kawat kasa.


Lantas bagaimana cara mengusir mereka untuk selamanya? Joseph Garner, profesor bidang perilaku hewan di Purdue University, berbagi tips mengenai cara menangkap tikus.

1. Tikus tidak akan muncul kecuali ada undangan dari Anda. Enggak percaya? Coba ingat-ingat, apakah Anda pernah membiarkan pintu dapur atau pintu samping terbuka. Atau, membiarkan sampah makanan berserakan di dapur, atau lupa merapikan peralatan. Sebaiknya, Anda juga tidak menimbun barang-barang di bawah meja dapur (di dapur kotor). Tikus rumah menyukai tempat yang hangat untuk bersarang.

2. Tikus memilih apa yang sudah mereka makan. Jika Anda mendapati bahwa mereka mengunyah sisa makanan di tempat sampah Anda, tak usah repot menyiapkan keju untuk jebakan tikus yang Anda pasang. Siapkan saja ikan asin atau sisa perkedel.

3. Tikus adalah binatang yang membosankan. Buktinya, mereka selalu menyusuri rute yang sama berulang kali. Letakkan perangkap tikus di tempat-tempat di mana Anda pernah melihat mereka berkeliaran.

4. Tikus gemar bersarang. Anda bisa memberi umpan di perangkap dengan dental floss, karena mereka akan berpikir hal itu merupakan bahan untuk bersarang.

5. Tak perlu melepasnya. Misalnya, setelah berhasil menangkap seekor tikus, Anda melepaskannya. "Tikus itu pasti akan dimangsa oleh binatang yang lebih hebat, entah itu kucing, burung, atau bahkan tikus lainnya. Mereka itu mengambil alih wilayah binatang lain," ujar Garner. "Kalau saya sih lebih suka memasang perangkap dengan jepretan."

Sumber: Womans Day, kompas.com
0 Komentar untuk "Tips Agar Tikus Tak Bersarang di Rumah"

Download Ebook Gratis