panas.web.id

Berita Terpanas Hari Ini

Facebook Berhasil Identifikasi Geng Hacker 'Koobface'


Facebook secara terbuka telah mengidentifikasi lima anggota geng penjahat cyber, yang diduga sebagai biang dari sebuah software berbahaya. Adalah Koobface, sebuah software berbahaya yang telah membajak ratusan ribu komputer pengguna Facebook.


Dilansir Telegraph, Facebook berhasil mengidentifikasi kelompok hacker ini, setelah penyelidikan bersama beberapa peneliti keamanan independen. Kelompok di belakang Koobface ini dinamai sebagai grup yang beroperasi relatif terbuka di Kota St Petersburg.

Bahkan menurut Sophos, sebuah perusahaan keamanan Inggris yang terlibat dalam penyelidikan, geng tersebut menikmati kehidupan orang kaya dan terkenal. Menurut profil jejaring sosial mereka sendiri, lima orang ini bahkan menikmati gaya hidup mewah, dengan berlibur ke beberapa tempat dan mengakhiri liburannya di sebuah kasino di Jerman.

Sebenarnya Facebook telah berhasil mengidentifikasi geng ini beberapa waktu lalu, namun melihat kurangnya tindakan hukum terhadap mereka akhirnya jejaring sosial tersebut memutuskan untuk mempublikasi nama mereka. Facebook diketahui telah mengusir worm Koobface pada Maret tahun lalu.

"Orang-orang yang terlibat dalam hal ini, perlu mengetahui bahwa nama mereka dan identitas asli akan segera diketahui dan akhirnya mereka akan ditangkap," ujar Joe Sullivan, kepala petugas keamanan Facebook.

'Worm' pada komputer Koobface ini pertama kali muncul pada 2008 dan menyebar lewat pesan palsu tidak hanya di Facebook, tapi juga pada jejaring sosial lain untuk teman-teman korban. Biasanya 'worm' mengecoh pengguna, seperti dengan mengarahkan mereka untuk memperbarui perangkat lunak Adobe Flash.

sumber: berita.plasa.msn.com
0 Komentar untuk "Facebook Berhasil Identifikasi Geng Hacker 'Koobface'"

Download Ebook Gratis