panas.web.id

Berita Terpanas Hari Ini

Plaza Senayan Angkat Budaya Padang untuk Ramadhan


Berbeda dari pusat perbelanjaan lain yang menampilkan nuansa Timur Tengah dalam program Ramadhan-nya, Plaza Senayan tetap menunjukkan kecintaannya pada budaya Indonesia dengan mengangkat budaya tradisional Padang. The Enchanting Culture of Padang in Plaza Senayan menjadi temanya, dengan menghadirkan kain songket dalam berbagai dekorasinya.


Motif kain songket Padang diambil dari kisah kebijaksanaan Melayu yang kental dengan budaya Islam. Berlembar-lembar kain songket Padang dikombinasikan dengan hiasan-hiasan berwarna-warni, menambah semarak suasana Ramadhan di Plaza Senayan. Bahkan ta'jil yang dibagikan kepada pengunjung pun dikemas dengan kain songket Padang ini.

Area Atrium Plaza Senayan juga akan menghadirkan berbagai pagelaran kesenian khas tradisional Padang, yang dikombinasikan dengan konser Ramadhan. Alunan musik Ramadhan akan mengiringi tari-tarian dari daerah Sumatra dan tarian Arab. Untuk melengkapi suasana Ramadhan di pusat perbelanjaan ini, akan ada pembacaan puisi religi.

Sejumlah program lain akan digelar sepanjang 1-28 Agustus 2011, yaitu:

Periode I (1-14 Agustus 2011)
* Gerakan Nasional Orang Tua Asuh, untuk membantu anak-anak dari keluarga yang tidak mampu dalam melanjutkan pendidikan.
* Gerai Zakat oleh Da'arut Tauhid, membantu kaum dhuafa untuk mendapat kesempatan menikmati Ramadhan dengan layak.

Periode II (15-28 Agustus 2011)
* Putra Sampoerna Foundation, yang memberikan beasiswa kepada anak-anak yang berasal dari ekonomi lemah, dan pelatihan guru mengadopsi sekolah-sekolah dengan kualitas rendah.
* Gerai Zakat oleh Da'arut Tauhid.

Pada Kamis (17/8/2011) akan digelar pertunjukan tari dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Tari Mambri (Papua), Tari Piring (Sumatera Barat), Tari Ronggeng Manis (Jawa Barat), dan ensemble lagu-lagu perjuangan. Kemudian pada 20-21 Agustus 2011 akan digelar Konser Ramadhan dengan sejumlah atraksi, seperti Beduk, Marawis & Dance, Gambus & Arabian Dance, Tari Zappin Melayu, pembacaan puisi religi, Tari Saman, paduan suara Ramadhan, dan Tari Rampak Gendang.

sumber: kompas.com
0 Komentar untuk "Plaza Senayan Angkat Budaya Padang untuk Ramadhan"

Download Ebook Gratis