panas.web.id

Berita Terpanas Hari Ini

Amankah Wadah Plastik Anda?


Bisphenol A (BPA) ada di mana-mana. Ada dalam botol plastik minuman, cangkir-cangkir plastik, botol minum bayi yang terbuat dari plastik, bahkan di lapisan kaleng makanan instan yang Anda beli. Berbahayakah BPA tersebut? Let's find out!


BPA ini berguna untuk membuat plastik menjadi keras dan tahan guncangan. Namun, sayangnya bahan ini dapat membahayakan kesehatan kita.

Untuk meminimalkan dampak berbahaya dari kandungan BPA ini maka ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

Jangan meletakkan makanan atau minuman, baik yang panas maupun dingin ke dalam wadah plastik. Jangan pula memasukkan wadah plastik ke dalam microwave atau alat pemanas lainnya, karena suhu tinggi bisa membuat zat kimia BPA meleleh dan meresap masuk ke dalam makanan.

Selain itu, jika terpaksa membeli makanan kaleng maka pilihlah kemasan yang terbuat dari gelas (toples gelas) atau kaleng yang mencantumkan logo bebas BPA.

Sebagai pengganti cangkir plastik, ada baiknya Anda menggunakan gelas kaca atau gelas stainless steel. Hal yang sama juga jika Anda hendak bepergian. Sedapat mungkin simpan air minum Anda dalam botol dari bahan stainless steel. Bahan ini jauh lebih aman dari bahan plastik.

Cara lain yang paling aman dan menyehatkan adalah dengan mengurangi pemakaian produk-produk kalengan dan menggantinya dengan produk-produk makanan segar yang alami. Kesehatan Anda adalah tanggung jawab Anda.

sumber: kapanlagi.com
0 Komentar untuk "Amankah Wadah Plastik Anda?"

Download Ebook Gratis