panas.web.id

Berita Terpanas Hari Ini

Pria Lebih Mudah Menurunkan Berat Badan Ketimbang Wanita


Tubuh pria cenderung dapat menurunkan berat badan lebih cepat dibandingkan wanita. Memang terlihat tidak adil, tetapi tubuh pria dan wanita memang berbeda termasuk dalam hal menurunkan berat badan. Apa saja bedanya?

Ketika pasangan mencoba untuk menurunkan berat badan bersama-sama, pria cenderung lebih cepat menurunkan berat badan ketimbang wanita. Itu karena pria dan wanita memang berbeda dan untuk urusan menurunkan berat badan pria lebih unggul.


Berikut beberapa hal yang membuat pria lebih unggul untuk urusan penurunan berat badan, seperti dilansir Lifemojo :

1. Genetika
Tubuh pria secara alami mengandung lebih sedikit lemak dan lebih banyak otot dari wanita karena adanya hormon testosteron. Di sisi lain, hormon wanita (estrogen) bekerja untuk menjaga lemak pada tubuh wanita.

Kelebihan lemak tersebut diperlukan untuk kebutuhan kalori ekstra yang diperlukan untuk kehamilan dan menyusui. Kisaran normal untuk persentase lemak tubuh pada wanita adalah 18 sampai 25 persen, sementara kisaran normal untuk pria adalah 12 sampai 20 persen.

2. Metabolisme
Sel-sel lemak memiliki reseptor biokimia atau pemicu yang berbeda. Salah satu jenis reseptor yang menyebabkan penyimpanan lemak (reseptor alfa) dan jenis lain dari reseptor yang menyebabkan pelepasan lemak (reseptor beta).

Wanita cenderung memiliki lebih banyak reseptor alfa di daerah pinggul dan paha, sehingga lebih banyak mendukung penyimpanan lemak. Pria secara alami memiliki metabolisme yang lebih cepat dari perempuan, terutama karena komposisi tubuh pria yang memiliki lebih banyak otot.

3. Pria lebih sering melakukan olahraga dan latihan kekuatan
Banyak pria melakukan latihan kekuatan sementara wanita lebih sering mengabaikan elemen kunci dari pembakaran lemak tersebut. Wanita lebih banyak malas untuk melakukan olahraga dan latihan kekuatan. Latihan kekuatan tidak hanya membantu membangun otot tetapi juga akan memperkuat tulang.

4. Kapasitas paru-paru pria lebih besar
Kapasitas paru-paru pria 25 sampai 30 persen lebih besar dari wanita. Hal ini memberikan keuntungan bagi pria dalam melakukan latihan aerobik seperti berjalan, sehingga tidak mudah merasa lelah. Bahkan jika para wanita melakukan olahraga dengan tingkat yang sama seperti pria, wanita mungkin merasa seolah-olah mereka berolahraga lebih keras.

5. Wanita lebih suka karbohidrat, pria suka protein
Pria cenderung memiliki keinginan lebih besar pada protein sedangkan wanita memiliki keinginan yang lebih besar pada karbohidrat, dan karbohidrat berubah menjadi lemak jauh lebih mudah daripada protein.

Perbedaan lain, wanita merupakan pemakan yang lebih emosional dibandingkan pria, dan sering makan berlebihan karena adanya pemicu seperti suasana hati, stres, depresi dan perasaan rendah diri.

sumber: detik.com
0 Komentar untuk "Pria Lebih Mudah Menurunkan Berat Badan Ketimbang Wanita"

Download Ebook Gratis