panas.web.id

Berita Terpanas Hari Ini

Wow.. Walikota Bogor Nikahi Gadis 18 Thn Menjadi Istri ke 4


Komisi Nasional (Komnas) Perempuan menyesalkan tindakan Walikota Bogor,Diani Budiarto yang menikahi gadis berusia 18 tahun sebagai istrinya yang ke-empat. Jabatan Budiarto sebagai pejabat publik seharusnya memberikan contoh yang baik bagi warganya.


"Masyarakat menganggap tokoh adalah panutan. Sebagai seorang pejabat publik tentu apa yang dia lakukan adalah kebijakan yang bisa ditiru dan bisa dijadikan acuan baik dalam kultur bermasyarakat maupun kultur berpolitik," tandas Ketua Komnas Perempuan, Yunianti Chuzzifah ketika berbincang dengan INILAH.COM, Jumat (24/6/2011) malam.

Seperti diberitakan sebelumnya, Walikota Bogor Diani Budiarto melangsungkan pernikahannya yang keempat dengan gadis berusia 18 tahun, Siti Indriyani di rumahnya di Kompleks Bogor Nirwana Residence (BNR) Bogor. Saat ini istri pertamanya, Fauziah Budiarto terbaring sakit dan dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Meski secara biologis, Siti sudah memenuhi persyaratan menikah yaitu sudah baligh, namun secara psikologis bisa saja gadis yang baru lulus sekolah menengah atas (SMA) belum siap. Apalagi dijadikan isti ke-empat.

"Apakah sudah ada kematangan sikap, karena berdasarkan analisa yang banyak kita lakukan, kebanyakan ditemukan perempuan yang menikah muda rentan dengan kesiapan mentalnya. Untuk masalah reproduksi mungkin dia sudah siap, tapi untuk psikologis ini sering banyak dipersoalkan," tandas Yunianti.

Komnas Perempuan sendiri, lanjut Yunianti, tetap pada sikapnya yaitu sejak awal menolak tegas adanya praktek poligami. Karena berpotensi dan cenderung menyebabkan kekerasan dalam rumah tangga khusunya kepada si istri.

"Komnas perempuan sedari awal dalam posisi menentang poligami. Poligami adalah bentuk kekerasan kepada perempuan, disitu ada pola kekerasan secara kemanusiaan dan selalu berujung pada kekerasan psikologi seperti tidak adanya keadilan. Poligami sendiri bentuk pelecehan kepada perempuan," ujar Yunianti.

sumber: inilah.com
0 Komentar untuk "Wow.. Walikota Bogor Nikahi Gadis 18 Thn Menjadi Istri ke 4"

Download Ebook Gratis