panas.web.id

Berita Terpanas Hari Ini

Timnas Didanai Lima BUMN


Angin segar mulai berhembus ke Tim Nasional Indonesia. Masalah dana yang belakangan ini menggelayuti akan segera teratasi. Ketua Komite Normalisasi, Agum Gumelar, menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan kerja sama dengan lima Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk pembiayaan Timnas. Kelima BUMN tersebut adalah Bukit Asam, Bank Mandiri, PT Telkom, Pertamina, dan Semen Padang.


"Tanggal 1 Juli nanti kita akan menandatangani Mou dengan 5 sponsor. Diharapkan, dengan kerja sama ini tidak ada lagi masalah untuk persiapan timnas kita," kata Agum kepada wartawan di sekretariat PSSI, Rabu (29/6/2011).

Timnas sendiri akan menjalani banyak agenda ke depan. Baik itu Pra Piala Dunia (Timnas Senior), hingga Piala AFF U-23 dan Sea Games (Untuk Timnas U-23). Namun hingga saat ini, Timnasional belum juga melakukan persiapan. Bahkan, agenda ujicoba Timnas senior melawan Singapura (3 Juli) dan Thailand (6 dan 12 Juli) terpaksa batal digelar akibat tak adanya dana.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jendera (Sekjen) PSSI, Djoko Driyono pun mencoba menjelaskan kenapa Timnas mengalami masalah dalam pendanaan. Kisruh PSSI yang berkepanjangan menjadi alasan utama kenapa Timnas dirundung masalah dana.

"Timnas, sebelum ada kesulitan organisasi, mendapat bantuan penuh APBN yang jumlahnya berkisar 50 miliar rupiah. Karena sekarang organisasi tengah mengalami masalah, dana APBN baru ada dalam perencanaan, belum pada tahap realisasi. Oleh karenanya, kami melakukan akrobat (dalam mencari dana) untuk menjalankan agenda-agenda Timnas," kata Djoko di kantornya. "Salah satu caranya, kami memprakasai pertemuan dengan lima BUMN yang commited untuk membantu Timnas kita. Mudah-mudahanan bantu beban kita," sambungnya.

Djoko menambahkan, jika dalam kongres nanti sudah terpilih kepengurusan baru, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan KONI/KOI dan pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk membahas dana Timnas. "Setelah semuanya settle, insya Allah semua, termasuk pembiayaan dari APBN, akan bisa dieksekusi secepat mungkin. Saat ini, kami melakukan penyesuaian-penyesuaian untuk menanggulangi pembiayaan yang ada," katanya.

Ketika ditanya berapa jumlah dana yang akan digelontorkan oleh lima BUMN tersebut, Djoko mengungkapkan, "Rp 9 miliar. Ada satu BUMN yang memberikan bantuan Rp 1 miliar, tapi saya lupa BUMN yang mana. Sisanya, masing-masing memberikan bantuan sebesar Rp 2 miliar."

sumber: kompas.com
0 Komentar untuk "Timnas Didanai Lima BUMN"

Download Ebook Gratis